Manfaat dan dampak komputer bagi kehidupan

18 Mar

Manfaat dan dampak  komputer bagi kehidupan

 

Teknologi sengaja diciptakan dan dikembangkan oleh manusia guna mempermudah setiap pekerjaan. Perkembangan teknologi nyatanya memang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Salah satu teknologi yang paling bermanfaat dalam kehidupan adalah komputer. Teknologi komputer hampir digunakan dalam semua aspek kehidupan.

Di era globalisasi seperti saat ini teknologi komputer bukanlah hal asing lagi bagi kita. Perkembangan teknologi yang begitu pesat sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Institusi pendidikan yang tidak menerapkan teknologi khususnya komputer ini akan kalah bersaing. Penggunaan komputer pada sekolah-sekolah merupakan satu contoh sekolah untuk meningkatkan kualitas institusinya, karena dengan alat tersebut sebuah sekolah dapat meningkatkan akses, mempercepat proses dan mengurangi administrasi birokrasi konvensional.Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat inilah ternyata cukup mempengaruhi tatanan kehidupan manusia di semua sektor.

 Kemajuan teknologi komputer membuat aktivitas menjadi serba cepat serta menjadikan dunia seperti tanpa batas. Berbagai jenis informasi dapat diakses dengan cepat dan akurat. Gelombang perubahan yang mengguncangkan ini telah memaksa sektor pendidikan untuk memikirkan kembali segala sesuatu yang selama ini kita pahami tentang pembelajaran, pendidikan maupun persekolahan.Revolusi teknologi harus juga diimbangi dengan pembaharuanpendidikan, pengajaran dan persekolahan.

Seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi komputer semakin pesat. Tak hanya orang dewasa saja yang memanfaatkan komputer, anak kecil zaman sekarang pun sudah ikut memanfaatkan teknologi yang satu ini. Banyak manfaat yg bisa di ambil dari teknologi komputer. Di dalam perusahaan pun tenaga manusia berkurang karna adanya teknologi komputer, baik dalam pengerjaan secara langsung maupun dalam membantu pekerjaan.

Teknologi komputer terhadap masyarakat sangat bermanfaat terutama  bagi orang yang masih duduk di bangku sekolah. Di zaman saat ini banyak orang yg lebih memilih menggunakan teknologi komputer dalam mencari pengetahuan maupun informasi yang di butuhkannya.

Komputer membantu menghemat waktu untuk melakukan apa pun. cukup banyak Alat diciptakan untuk membuat segalanya lebih mudah untuk menghemat waktu. komputer adalah alat. Komputer memungkinkan kita untuk menggunakan internet. Tidak ada komputer/internet tidak ada. Tentu saja, internet juga memiliki sejuta cara membantu masyarakat seperti membantu orang belajar (orang dapat membaca / penelitian tanpa harus menghabiskan waktu pergi ke perpustakaan).

Di dalam internet dapat dengan mudah hack, yang paling penting bagi perusahaan atau lembaga yang sudah diklasifikasikan informasi seperti fbi/tentara dll juga, penguntit. Konten yang tidak pantas untuk anak-anak, masyarakat bergantung terlalu banyak pada komputer kadang-kadang, jadi ketika komputer berjalan keluar, mereka tidak dapat melakukan apapun, membingungkan bagi beberapa generasi tua, dan lebih keras untuk menyelesaikan sesuatu bagi mereka karena beberapa hal hanya dapat dilakukan pada komputer sekarang. Beberapa orang tidak pernah belajar komputer sehingga tidak dapat mengetahui dan mengerti bagaimana cara menggunakan teknologi komputer sehingga belum mengerti begitu banyak manfaat yang terdapat dalam teknologi komputer.

Namun bersamaan dengan itu, pemakaian komputer ini juga menyimpan dampak positif maupun dampak negatif. Di sektor pendidikan dan pembelajaran, dengan hadirnya komputer di meja belajar anak dapat menjadikan minat belajar anak menurun jika anak ini tidak ada kontrol atau dibiarkan saja anak bisa menggunakan program komputer yang justru tidak mendidik bahkan membuat anak malas dan kecanduan sehingga enggan belajar, sebaliknya komputer dapat juga memberikan rangsangan positif dalam meningkatkan motivasi belajar anak, tentunya ini dituntut peran guru/orang tua dalam mengontrol anak menggunakan komputer. Tetapi tidak hanya kontrol dari guru/orang tua saja yang dapat menjadikan anak memiliki motivasi belajar yang tinggi, dibutuhkan pula pengembanagan program-program komputer yang telah didesain khusus untuk dapat digunakan dalam pembelajaran dengan berbantuan komputer.  

Teknologi komputer dapat berperan besar dalam pembelajaran jika digunakan secara semestinya. Teknologi komputer dapat membantu pendidik dalam memudahkan pembelajaran, bahkan dapat memotivasi dan mengakselerasi belajar siswa. Tapi komputer dapat juga menjadikan pendidik seperti robot dan sangat mekanis, serta menjadikan siswa seperti makhluk asing yang kurang memiliki skill sosial. ada beberapa faktor yang menjadikan seseorang menjadi manusia mekanis karena teknologi komputer dalam dunia pendidikan dan pembelajaran;.

Adapun manfaat atau dampak teknologi komputer

Dampak positif :

1)      dapat menambah pengetahuan dari berbagai macam hal yang tak bisa kita dapatkan dari televisi, majalah atau buku

2)      teknologi komputer mempermudah penggunanya dalam mencari informasi yang terkecil sekalipun yang tak bisa terjamah oleh buku atau memakan waktu yang lama. Dengan menggunakan komputer apayang kita inginkan dapat kita peroleh dengan cepat.

3)      dapat mempermudah penggunanya untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman yang jauh dan juga bisa menyampaikan suatu berita yang cepat dan praktis tanpa harus menunggu beberapa hari.

4)      dengan teknologi komputer, kita bisa mengetahui berita-berita yang update setiap harinya. Sehingga siapapun dapat mengakses berita dengan cepat.

5)      dapat membantu penggunanya untuk menjalin komunimasi jarak jauh.

6)      Komputer cendrung mengisolasi . Pembelajaran melalui perantara mesin (komputer, video, TV, disket dan sebagainya) dapat memudahkan pengetahuan kognitifbagi peserta didik.Tetapipembelajaran melalui mesin ternyata telah mengisolasi peserta didik/ pendidiksecara sosial, karena seseorang hanya beriteraksi dengan mesin yang jelas-jelas mesin tidak memiliki perasaan.Kebanyakan berinteraksi/ menggunakan peranta mesin menyebabkan menurunnya sosial skillyang dimiliki seseorang.

Damapk Negatif :

1)      Dapat disalahgunakan oleh para penggunanya untuk hal2 yang tidak sesuai.

2)      Dapat dijadikan tempat untuk memperoleh gambar2 yang tidak senonoh.

3)      Dapat membuat seorang penggunanya menjadi kecanduan akan teknologi komputer.

4)      Dapat menimbulkan hal2 yang tidak diinginkan seperti pemerasan dan pemalsuan identias .

Tidak semua kalangan dapat menggunakan komputer masih banyak anak sekolah yang tidak dapat menggunakan komputer khususnya bagi mereka yang diam di dalam pedesaan Tidak hanya murid saja, tetapi banyak juga dijumpai guru yang belum berkompeten dalam penggunaan kecanggihan teknologi itu. Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan bahwa penggunaan komputer dalam pendidikan itu tidaklah penting dan tidak bermanfaat banyak. Ini merupakan salah satu akibat dari kurangnya sosialisasi kepada masyarakat khususnya guru dan murid bahwa komputer dan internet telah menjadi suatu kebutuhan dalam melaksanakan pendidikan. Hal ini menyebabkan terjadinya suatu keterlambatan dalam bidang pendidikan terhadap murid-murid yang di desa. Murid-murid di desa lebih tertinggal dibandingkan dengan murid-murid di perkotaan. Mereka tidak memiliki kompetensi untuk menggunakan komputer dan internet dengan baik. Lalu, bagaimanakah cara untuk mengatasi ketertinggalan penggunaan teknologi (komputer dan internet) terhadap murid-murid di pedesaan?
Ada beberapa cara yang mungkin bisa mengatasinya, antara lain :

  1. Pemerintah setempat melakukan sosialisasi kepada masyarakat desa (guru, murid, dan orangtua murid) tentang perkenalan teknologi, penggunaan teknologi, manfaat teknologi, dsb.
  2. Sekolah menyetujui akan penggunaan teknologi di sekolah-sekolah
  3. Di setiap sekolah akan ditempatkan satu atau beberapa guru yang cukup berkompeten dalam penggunaan teknologi.
  4. Sekolah atau dengan bantuan pemerintah setempat menyediakan dana untuk penyediaan komputer dan pemasangan jaringan internet.
  5. Menciptakan suatu hubungan kerja sama yang baik antara orangtua murid,guru,dan murid.
    Dengan cara-cara demikian, maka ketertinggalan penggunaan teknologi (komputer dan internet) terhadap murid-murid di pedesaan bisa teratasi.

Dampak teknologi komputer terhadap macam-macam bidang dalam kehidupan masyaratak sangat banyak, contohnya:

Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positifnyaantara lain:

Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akuratdanterbaru di bumi bagian manapun melalui internetb. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yangsangat jauhhanya dengan melalui handphonec. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah dan lain-lain. Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyatakemajuan kemajuan teknologi computer tersebut dimanfaatkan jugauntuk hal-hal yang negatif, antara laina. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)

Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat diinternetyang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu. Kerahasiaan alat tes semakin terancam Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapatmemperolehlayanan tes psikologi secara langsung dari internet

 

Dalam bidang pendidikan, komputer mampu mempermudah kerja petugas administrasi sekolah saat membuat kurikulum pengajaran, membuat daftar siswa, membuat jadwal pelajaran, membuat daftar nilai, membuat perencanaan pengajaran bagi  guru-guru, serta membuat perhitungan gaji pegawai. Tidak hanya memudahkan dalam hal – hal yang berbau administrasi saja namun teknologi komputer pun dapat digunakan untuk mengakses informasi pendidikan melalui  internet. Sehingga bisa diberi kemudahan untuk mendapatkan berbagai ilmu pengetahuan demi mamajukan dunia pendidikan, munculnya metode-metode pembelajaran yang baru,yangmemudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yangmembuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. Sistem pembelajaran menjadi tidak harus melalui tatap muka. Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harusmempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.

Di dalam bidang kesehatan, terutama dalam dunia kedokteran bisa di katakan sangat bergantung pada teknologi komputer karna komputer dapat mempermuah dokter dan perawat untuk memantau kesehatan pasien, misalnya memonitor detak jantung, memonitor aliran darah, serta memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Selain memonitor, teknologi modern mampu menggantika fungsi organ dalam, misalnya jantung, ginjal, dan paru-paru. Dalam hal ini, teknologi kesehatan digabungkan dengan teknologi informasi dan komputer.

Dalam bidang transfortasi, semua jadwal serta jalur penerbangan bisa sijadwalkan dan di program dengan teknologi komputer . agar bisa terbang, pesawat dilengkapi peralatan komputer. Bahkan, sistem komputer dapat menggantikan fungsi pilot keika pesawat terbang tinggi. Selain pesawat terbang, komputer digunakan sebagai navigasi kapal laut. Begitupun penjualan tiket di stasiun, terminal bus, dan bandara, yang telah dilakukan dengan bantuan komputer.

Dalam bidang jasa pengiriman barang dahulu kantor pos dianggap sebagai jasa pengiriman barang dokumen atau barang yang paling lebih cepat dan akurat. Namun, tugas kantor pos kini sudah digantikan oleh komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Segala bentuk informasi dapat dikirim melalui surat elektronik atau email. Selain lebih murah,email menyampaikan informasi lebih cepat

Dalam bidang industri otomotif pada pembuatan mobil, komputer memiliki peran dominan ungtuk mengendalikan robot agar bekerja lebih akurat. Pabrik otomotif mampu memproduksi mobil hingga ratusan tiap bulan berkat bantuan komputer. Hal ini tentu jauh berbeda jika hanya mengendalikan tenaga manusia.

Dalam bidang jasa percetakan, komputer dapat menjadi rekan kerja paling akrab para arsitek dan dan insinyur untuk mendesain konstruksi gambar dengan pemodelan serta perhitungan cepat, tepat, dan akurat. Program CAD digunakan untuk menggambar konstruksi. Sementara itu, analisis kekuatan dan perhitungan dilakukan dengan program SAP2000 atau STAD III.

Di dalam bidang industri perfilman, film tidak bisa melepaskan diri dari peran komputer. Semua efek, animasi, serta proses syuting direkam dengan perangkat elektronik yang terhubung dengan komputer. Contoh tipuan komputer dalam dunua perfilman adalah kapal raksasa pada film Hollywood fenomenal berjudul Titanic.

pada satusisi, perkembangan dunia teknologi komputer yang demikianmengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yangsebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer,seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas katakemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dankenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapatdipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.

Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengankebenaran. Sebab IPTEK hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsure keadilan. Tentu saja IPTEK tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu IPTEK tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi darimasalah masalah manusia.

Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:

1)      Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya dikalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginanmaterial, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi“kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani”.

2)      Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakinmeningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang adadi masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telahmelemahkan kekuatankekuatan sentripetal yang berperan pentingdalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihatbersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remajadan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, sepertiperkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindakkejahatan.3) Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputerpada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarg.aKomputer yangdisambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapasaja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relaychatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyikdengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagaiwarung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyakorang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiriuntuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini  waktunya sendiriandengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC)anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asingkapan saja.

Kemajuan teknologi komputer adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ilmu. Perkembangan teknologi komputer sangat di perlukan. Setiap inovasi di ciptakan untuk memberikan kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktivitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakatsudah menikmati banyak manfaat yang di bawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. Namun manusia tidak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwateknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia. Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harusdipatuhi oleh pengguna teknologi

Referensi :

http://www.anneahira.com/teknologi.htm

Psikologi Pendidikan , Edisi Kedua . John W. Santrock

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://answers.yahoo.com/question/index%3Fqid%3D20081026141539AASwJZS

http://ayyanasoess.blogspot.com/2011/03/dampak-positif-dan-negatif-dari.html

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Deni%20Hardianto,%20M.Pd./Telaah%20Kritis%20Pemanfaatan%20Teknologi%20Komputer%20Dalam%20Pembelajaran.pdf

http://www.scribd.com/doc/28773384/Makalah-Manfaat-Teknologi-Komputer-Bagi-Masyarakat

Leave a comment